Friday, January 11, 2013

tugas 78-kordinasi



kordinasi mata tangan
oordinasi mata – tangan merupakan perkembangan yang amat penting diusia batita karena kelak terkait erat dengan kemampuan anak untuk focus alias berkonsentrasi.
Proses gerakan koordinasi mata – tangan ini memang lebih kompleks karena membutuhkan pematangan organ – organ motorik dan kerjasama antara beberapa bagian tubuh. Salah satu contoh perkembangan koordinasi mata – tangan yang baik adalah ketika anak belajar membereskan mainannya, ia dapat memasukan mainan – mainannya ke dalam kotak dengan tepat.
Untuk  mengembangkan koordinasi mata – tangan ini, menurut Seni Septiani Sanusi, Psi., psikolog dari Ramaniya, Jakarta, ada banyak aktivitas sehari – hari yang bisa dimanfaatkan, seperti bermain bola, pasel, susun balok, mewarnai, menggunting, dan lainnya. Dalam stimulasi ini yang terpenting adalah pengalaman anak menggerakkan jemari tangannya saat meraih atau memanipulasi objek yang ia lihat menjadi suatu gerakan yang terarah. Ini penting karena dasar bagi anak mengerjakan tugas – tugas perkembangan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment