kordinasi dalam sekolah
Koordinasi dalam Sekolah
Koordinasi adalah bagian penting di antara anggota-anggota atau unit-unit organisasi yang pekerjaannya saling bergantung. Orang-orang yang berkoordinasi di lingkungan sekolah adalah mereka yang termasuk dalam sumber daya pendidikan. Sumber daya pendidikan meliputi :
1. Sumber daya manusia (kepala sekolah, guru, pegawai TU, siswa, pengawas termasuk aparat Dinas Pendidikan, lainnya).
2. Sumber daya lain. Seperti peralatan, perlengkapan, uang dan bahan, perangkat lunak (struktur organisasi, peraturan perundang-undangan, deskripsi tugas, rencana, program), dan harapan-harapan (visi, misi, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai pendidikan).
Kepala sekolah dalam mengelola sekolahnya menggunakan sejumlah input manajemen, yaitu :
1. kebijakan,
2. rencana kerja yang rinci dan sistematis,
3. prosedur kerja,
4. rapat,
5. taklimat,
6. surat keputusan bersama / surat edaran bersama,
7. tim, satuan tugas, kelompok kerja, gugus tugas,
8. komite sekolah
9. teknik pengendalian mutu
No comments:
Post a Comment