PENGORGANISASIAN
PESAN-PESAN BISNIS
A. ARTI PENTING PENGORGANISASIAN
PESAN-PESAN
Dalam
suatu organisasi, pesan-pesan yang disampaikan oleh pemimpin kepada para
bawahan, terkadang tidak terorganisasi dengan baik. Hal ini menyebabkan
pesan-pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran atau hasilnya tidak sesuai
dengan apayang dikehendaki.
Dengan
mengatur ide-ide secara logis, berurutan, dan tidak bertele-tele, ide yang
disampaikan akan dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan informasi, motivasi,
maupun praktis bagi audiens. Mengorganisasi pesan-pesan secara baik adalah
suatu keharusan dan menjadi tantangan bagi komunikator. Hal yang perlu
diperhatikan dalam mengorganisasi pesan-pesan yang baik sebagai berikut :
1.
Subjek dan
tujuan harus jelas.
2.
Semua informasi
harus berhubungan dengan subjek dan tujuan.
3.
Ide-ide harus
dikelompokkan dan disajikan dengan cara yang logis.
4.
Semua informasi
yang penting harus sudah tercakup.
Suatu
pesan yang disusun dengan baik akan membantu bagi audiens terutama dalam
hal-hal berikut ini :
1.
Memahami pesan
yang disampaikan
Dengan mengemukakan hal-hal penting secara jelas,
menyusun ide-ide secara logis dan berurutan, dan memasukan semua informasi yang
relevan dalam pesan, maka audiens akan lebih mudah dalam memahami maksud dan
isi pesan.
2.
Membantu
audiens menerima pesan
Pengorganisasian pesan-pesan yang baik disamping membantu
audiend dalam memahami maksud pesan, juga membantu audiens untuk dapat menerima
isi pesan tersebut.
3.
Menghemat waktu
audiens
Apabila suatu pesan tidak terorganisasi dengan baik,
penyampaiannya akan menghabiskan waktu audiens. Salah satu tujuan
pengorganisasian pesan-pesan yang baik adalah penyampaian informasi atau
ide-ide yang relevan saja. Dengan hanya menyampaikan informasi yang relevan,
waktu audiens akan dapat dihemat. Disamping itu, audiens dapat dengan mudah
mengikuti alur pemikiran pesan yang disampaikan, tanpa harus memeras otak dan
mengerutkan dahi.
4.
Mempermudah
pekerjaan komunikator.
Pengorganisasian pesan-pesan yang baik dapat
membantu pekerjaan komunikator, sehingga dapat selesai lebih cepat dan
menghemat waktu. Hal ini merupakan faktor yang penting dalam dunia bisnis,
dimana penyelesaian pekerjaan berjalan dengan baik, cepat, dan efisien.Dengan mengetahui
apa yang ingin disampaikan, dan menetahuo cara menyampaikannya, rasa percaya
diri komunikator akan meningkat. Semakin tinggi rasa percaya diri komunikator,
semakin cepat dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.
No comments:
Post a Comment