manajemen industry
Dalam
dunia bisnis sekarang ini sudah memasuki zaman globalisasi dalam perdagangan
internasional, untuk tetap dapat bersaing dalam menghadapi zaman globalisasi
yang sekarang ini seseorang harus dapat menguasai sebuah manajemen terutama
manajemen industry bagi seorang wirausahawan.
Secara
umum manajemen industri adalah tatacara mengatur sebuah industry yang bertumpu
pada keunggulan sumberdaya insani dalam menghadapi lingkungan usaha. Seorang
manajemen industry harus dapat menguasai manajemen kauangan, manajemen
kualitas, manajeman inovasi, manajeman SDM, manajemen pemasaran, manajemen
keputusan dan manajemen Ekonomi teknik. Saya akan berusaha membahas satu per
satu tentang beberapa bentuk manajemen diatas.
Seorang
manajemen keuangan harus dapat merencanakan anggaran, memeriksa, mengendalikan
, mengelola, mencari dan menyimpan dana. Tujuan dengan adanya manajer keuangan
untuk mengelola dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk
memaksimalisasi nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan
dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.
Manajemen
kualitas adalah strategi bagai mana cara menbuat sebuah produk yang berkualitas
sehingga produk tersebut disukai oleh pasar. Untuk membuat produk yang
berkualitas dan disukai pasar seorang manajer harus bisa menanamkan kesadaran
pekerja agar dapat bekerja secara efektif, efisien dan inovatif.
Yang
dimaksud dengan manajemen inovasi adalah bagaimana seorang pengusaha harus
berfikir sekreatif mungkin untuk membuat produk baru dari produk yang lama yang
akan dipasarkan memiliki keungulan dan desain yang menarik/ baru agar konsumen
tidak bosan.
Suatu
proses manajemen SDM terkait tiga proses. Pertama, mengembangkan dan memperkuat
karyawan baru pada proses pertama kali masuk perusahaan (onboarding). Kedua,
memelihara dan mengembangkan pegawai yang sudah ada di perusahaan. Ketiga,
menarik sebanyak mungkn pegawai yang memiliki kompetensi, komitmen dan karakter
bekerja pada perusahaan.
Kegiatan
manajemen pemasaran adalah peroses pemasaran dapat dilakukan sebelum barang
diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan. Pada saat pemasaran produsen
harus mengetahui apa minat dan keinginan dari konsumen, sehinga memberikan
kepuasan pada konsumen dan usahanya dapat berjalan terus.
Manajemen
keputusan merupakan sikap yang harus di ambil untuk mengalokasikan dana maupun
SDM. Agar keputusan yang diambil tidak salah seorang wirausahawan harus dapat
menguasai dan memahami teknik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,
Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), dan STEER
(Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).
Ekonomi
teknik adalah penentuan faktor-faktor dan kriteria ekonomi yang digunakan
ketika satu atau lebih alternatif dipertimbangkan untuk dipilih dalam
menyelesaikan suatu masalah di bidang teknik. Bisa juga dikatakan bahwa ekonomi
teknik adalah sekumpulan teknik matematika yang menyederhanakan perbandingan
ekonomi dalam suatu kasus di bidang teknik. Ilmu ekonomi tidak pernah lepas
dari ilmu teknik, terutama dalam perancangan dan penerapannya di masyarakat.
Dalam hal tersebut, selalu ada beberapa alternatif dalam pelaksanaannya yang
masing-masing alternatif memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda-beda
jenis dan jumlahnya. Namun penyelesaian masalah tersebut selalu memiliki
kriteria ekonomi, dan kriteria tersebut digunakan untuk memilih satu dari
banyak alternatif yang tersedia tersebut.
No comments:
Post a Comment